Friday, July 5, 2013

Cara Membuat Sabun Buah Untuk Kecantikan

Sabun buatan sendiri bukan hanya membersihkan, karena minyak mengandung sekitar 25 % gliserin. Perlu diketahui minyak di pisah menjadi asam lemak dan gliserin. Di industri dalam pembuatan sabun menggunakan asam lemak sedangkan gliserinnya di jual terpisah karena harganya lebih mahal. Akibatnya sabun industri dapat membuat kulit menjadi bersisik / kering bila digunakan untuk mandi. Fungsi gliserin bisa melembabkan dan melembutkan kulit, juga menyejukkan dan meminyaki sel-sel kulit.

Kwalitas sabun buatan sendiri dapat melebihi sabun yg di beli di Pasaran, tentunya harganya lebih murah buatan sendiri.Dengan membuat sendiri anda bisa mendapatkan apa yg diinginkannya, baik bahan pengisi, bahan tambahan, bentuk, warna, dan wanginya. Membuat sabun sendiri sangat menyenangkan dan penuh kreatifitas.
Khusus untuk sabun mandi  buah bermanfaat untuk :
Anggur:  melindungi hati; memperbaiki sirkulasi (termasuk bagi kondisi seperti varicose veins, bengkak, lebam (bruise), dan pandangan kabur); melancarkan pembuangan air besar; memperbaiki tone dan kekenyalan kulit; melawan bakteria mulut yang menyebabkan sakit gigi.
Manfaat Apel. buah apel menyimpan beragam khasiat untuk kecantikan, Atasi masalah kulit berminyak

Tepung jagung merupakan pilihan terbaik untuk membantu sabun membuka pori-pori di kulit, lantas membersihkan minyak berlebih di kulit. Butiran tepung jagung mampu “menggaruk” ( Scrub ) kotoran dan minyak dari permukaan kulit.

CARA  Membuat Sabun.
  1. Soda api atau alkali dicampur dalam air kemudian dimasak sampai 45 C.
  2. Minyak sawit di masak 45 C. Bila untuk sabun mandi cukup kelapa sawit saja. Tetapi kalau dimaksud untuk sabun kecantikan dicampur dengan minyak zaitun agar kulit lebih halus. Boleh juga ditambah dengan minyak  wijen.
  3. Air dan soda api yang sudah dimasak 45 C dimasukan ke blender, diikuti dengan minyak sawit yang sudah dimasak 45 C. Kemudian keduanya diblander sampai tercampur rata.
  4. Untuk membuat wangi atau nantinya sabun bisa memiliki cita rasa buah, maka perlu menggunakan buah-buah yang segar. Untuk membuat sabut rasa apel. Apel dibersihkan tidak perlu dikupas, namun isi dalam apel tersebut harus dikeluarkan. Kemudian apel diblander sampai halus.  Sedangkan kalau ingin membuat rasa apukat, maka dipilih apukat setegah matang biar tidak blenyek. Termasuk buah anggur juga harus dikeluarkan bijihnya.  Kalau ingin membuat sabun serai, maka capuran soda dan minya ditambah dau serai yang dihaluskan.
  5. Buah yang sudah diblender kemudian campur dangan campuran air, soda api (alkali) yang sudah diblender tadi.  Sedangkan pemblenderan harus sempuran sampai tercampur rata.
  6. Campuran yang  bahan-bahan sudah diblender, kemudian masukkan cetakan dengan loyang, tergantung mau membentuk bulat, kotak atau bintang. Sedangkan cetakan bisa menggunakan karton  untuk membuat kue.  Untuk bisa dikemas ditunggu 2 minggu.



      

8 comments:

  1. Saya kalau buat sendiri ada efek sampingnya g ya ?

    ReplyDelete
  2. kalau menggunakan bahan alami insyaa Allah aman mba. pakai buah asli. jangan beli ekstrak buah di toko bahan kimia.

    ReplyDelete
  3. Bkannya soda api bahaya y kak k kuliy

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mknya aq heran kok ada soda apinya segala..kan bahaya itu bisa meledak klu direbus kayaknya

      Delete
  4. perbandinga komposisinya berapa ya?

    ReplyDelete
  5. Soda api bahaya kalau langsung kontak ke kulit. Kegunaan soda api dlm pembuatan sabun adalah sebagai katalisator utk mengikat semua minyak dan bahan lain hingga menggumpal menjadi sabun padat.

    Setelah jadi & diangin2 selama 2 minggu sifat soda api sdh hilang sama sekali.

    Seperti halnya kita makan garam sehari2, garam itu dibuat dgn katalis NaCl. NaCl kalau dimakan langsung bahaya.

    ReplyDelete
  6. saya mau tanya. apa kadar soda api bs di kurangi dan minyak kelapa nya di perbanyak? sy gunakan soda api 1 sendok mkn, minyak kelapa 160ml,mentega putih 400gr,minyak zaitun 147ml, dan susu kefir kambing 400ml.. stlh beku di frezer sy pakai di wajah.. (apakah boleh dan aman utk wajah?) lalu saya letakkan di suhu ruang namun sabun mencair.. kira2 brp sendok takaran soda api yg bnr ya? mohon jwb cpt .. trims..

    ReplyDelete
  7. Hai..saya hajar dari malaysia. saya kurang faham bahasa indonesia. Boleh saya tahu soda api tu bagaimana bentuknya. Boleh emelkan pada saya di hajar.ums@gmail.com.. terima kasih.

    ReplyDelete