Monday, April 21, 2014

Cara Merawat Kulit Berminyak


Jika Anda memiliki kulit berminyak, kelenjar sebaceous Anda memompa keluar zat lilin yang melindungi kulit Anda. Ketika zat lilin yang keluar terlalu banyak, kulit terlihat berminyak, dan dapat menyebabkan jerawat. Faktor keturunan memegang peranan penting dalam hal ini, Misalnya orang dengan rambut gelap memproduksi lebih banyak minyak dalam tubuhnya jika dibanding orang-orang berambut pirang . Tapi ada faktor lain yang memberikan kontribusi, termasuk stres dan perubahan dalam aktivitas hormon. Wanita hamil dan mereka yang menggunakan kontrasepsi oral lebih cenderung memiliki masalah dengan kulit berminyak .


Keuntungan bagi wanita yang  kulitnya berminyak adalah kulitnya tidak mudah keriput. Tapi kulit berminyak membutuhkan lebih banyak perhatian, karena Anda harus tetap membersihkan pori-pori lebih sering. Anda harus membersihkan sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih tanpa menggosok terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi. Namun Ironisnya, jika Anda berlebihan menggunakan scrub, kulit Anda akan memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Cara merawat kulit berminyak:

• Cuci wajah Anda dengan air hangat. Air hangat melarutkan minyak lebih efektif daripada air dingin.

• Pilih pembersih yang tepat . Jika anda memilih pembersih, hindari produk yang menambahkan pelembab. Sebaiknya anda menggunakan pembersih diformulasikan khusus untuk kulit berminyak ( biasanya agak mahal ) .

• Jika Anda mengalami jerawat parah, pilih sabun antibakteri yang diformulasikan dengan benzoil peroksida atau triclosan. Ini mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat .

• Gunakan mencuci wajah cair yang mengandung asam alpha - hydroxy ( AHA ), seperti asam sitrat, asam laktat, atau asam glikolat. AHA berfungsi untuk membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati, mengurangi minyak di pori-pori Anda, dan infeksi.

Berikut 5 masker dari buah-buahan untuk kulit wajah berminyak:
1. Lemon

Buah lemon memang berkhasiat untuk kecantikan. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya bisa mencerahkan kulit wajah dan mengatasi kulit berminyak. Cara membuat masker lemon yaitu memerasnya, lalu ditambah dengan madu. Setelah itu, And abisa mengaplikasikannya pada wajah dan leher. Selain itu, Anda juga bisa meminum air lemon hangat yang dicampur madu untuk membersihkan kulit.

2. Pepaya
tips kecantikan, cara mengatasi kulit berminyak, wajah berminyak, kulit wajah berminyak, masker alami untuk kulit berminyak, 5 masker alami untuk atasi kulit berminyak.

Pepaya mengandung antioksidan yang bisa membuat Anda terlihat awet muda. Zat yang ada di dalam pepaya yaitu papain berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit Anda terlihat cerah. Untuk membuat masker pepaya, Anda perlu menghaluskannya terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada wajah dan leher.
3. Pisang

Untuk dijadikan masker, pisang terlebih dahulu dihaluskan. Setelah itu, aplikasikan pada wajah dan leher selama 15-20 menit. Jika sedang berjerawat, maka Anda bisa menambahkan madu. Vitamin A, B, dan E yang ada pada pisang bisa mencegah penuaan dini.
4. Apel

Selain pepaya, apel juga merupakan buah yang kaya akan antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan sel-sel kulit. Untuk membuat masker dari apel, Anda bisa memblender apel, kemudian berikan madu dan air mawar. Setelah tercampur semua, aplikasikan pada wajah agar kulit tampak cerah dan awet muda.
5. Mangga

Bukan hanya enak dimakan saja dan berkhasiat bagi kesehatan, tapi mangga juga berkhasiat untuk kecantikan. Mangga mengandung vitamin A dan antioksidan yang bisa mencegah penuaan kulit, meregenerasi kulit, dan mengencangkan kulit. Untuk dijadikan masker, Anda harus menghancurkannya terlebih dahulu.

Itulah 5 masker buah untuk mengatasi kulit berminyak. Jadi, bukan hanya nikmat dimakan saja dan bermanfaat bagi kesehatan, tapi Anda juga menjadikannya sebagai masker agar terlihat lebih cantik. Pastikan Anda melakukan perawatan itu dengan rutin, setidaknya seminggu tiga kali untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat.

3 comments:

  1. iya Asyikkk ini ..
    Artikelnya keren dan membantu kami untuk menyelesaikan tugas ...kalau tips cara pilih kaos kaki muslimah untuk fashion he he he he ....
    dan terimaksih ya ...atas tipsnya..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. salam kenal ...
    Artikelnya keren..tapi kira-kira bisa di kasih gambar juga enggak... agar lebih menarik dan mudah di pahami..
    oya kalau untuk soal tren kaos kaki wanita saat ini apakah ada yang tau..
    mohon infonya ya

    ReplyDelete