Wednesday, July 3, 2013

Kandungan Coklat Untuk Kecantikan

Cokelat terdiri dari berbagai jenis. Ada cokelat susu, cokelat putih, sampai cokelat asli atau yang dikenal dengan dark chocolate, yang merupakan cokelat terbaik karena belum mengalami banyak campuran dan proses. Cokelat jenis ini menyimpan banyak manfaat bagi kecantikan kulit.
  • Flavanoid
Kandungan flavanoid memiliki fungsi alami sebagai pelindung kulit dari sinar matahari. Peneliti dari Heinrich Heine University, Jerman, menemukan flavanoid dalam dark chocolate bisa menghalau manfaat buruk sinar UV dan melancarkan peredaran aliran darah ke kulit. Hasilnya kulit menjadi lebih lembap dan bersinar.
Untuk memperoleh kandungan flavanoid yang terbaik, sebaiknya pilih cokelat dengan kandungan kakao setidaknya 70 persen. Kandungan kakao tinggi umumnya terdapat dalam cokelat asli atau bubuk kakao. Meski demikian, jangan lupakan perlindungan dari kulit dari luar. Gunakan juga tabir surya untuk hasil maksimal melawan efek buruk sinar matahari.

  • Antioksidan
Biji cokelat asli dikenal sebagai sumber antioksidan yang tinggi — 100 gram kakao mengandung setidaknya 10.000 mg antioksidan yang baik untuk tubuh.

Antioksidan berguna untuk menghalau radikal bebas yang bisa merusak elastisitas dan produksi kolagen pada kulit. Penelitian yang diterbitkan di “Journal of Nutrition” mengungkapkan wanita yang diberikan minuman kakao selama 12 minggu menunjukkan perbaikan yang cukup terlihat pada tekstur dan tampilan kulit.

Hal ini karena kandungan antioksidan yang bisa membantu mencegah keriput dan membuat warna kulit lebih merata. Antioksidan dalam kakao juga bisa membantu mencegah keriput, membuat kulit lebih cerah, memperbaiki kelembapan, dan menjaga elastisitas kulit.

Namun efek ini akan sulit didapat jika konsumsi cokelat bersama dengan susu atau mengonsumsi cokelat yang sudah dicampur susu (milk chocolate). Peneliti asal National Institute for Food and Nutrition Research di Roma, Italia, Mauro Serafini, PhD mengatakan, "kehadiran susu bisa menganggu penyerapan antioksidan pada cokelat".
  • Vitamin dan mineral
Di dalam lezatnya cokelat juga terkandung vitamin B, seng, kalsium, potasium, dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Berbagai kandungan mineral dan vitamin ini bisa berfungsi sebagai pelembap alami yang melembutkan kulit. Kandungan yang terdapat dalam cokelat juga bisa membantu mengurangi stres. Ketika tubuh stres maka produksi kolagen terganggu sehingga mudah menyebabkan kerutan dan membuat kulit kusam.
  • Minyak kakao
Lemak yang terdapat pada minyak dari kakao atau yang biasa disebut sebagai cocoa butter mengandung asam linoleat. Asam lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk membantu menghilangkan garis-garis halus pada kulit, menyamarkan guratan dan bekas luka.

Karena itu cocoa butter sering digunakan sebagai bahan campuran pada pelembap tubuh karena teksturnya yang mudah diserap kulit. Selain itu, cocoa butter juga mengandung vitamin E tinggi yang berguna untuk membantu proses regenerasi dan perbaikan sel kulit.

Saat ini sudah banyak pusat kecantikan yang menyediakan perawatan kulit dengan bahan dasar cokelat. Tak sedikit juga produk kecantikan yang menggunakan cokelat sebagai bahan utama. Produk atau perawatan ini bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang ingin memperoleh manfaat cokelat dari pemakaian luar pada kulit.

Konsumsi cokelat asli secara teratur juga bisa dilakukan untuk memperoleh manfaat alami dari dalam. Pastikan Anda hanya mengonsumsi satu potong kecil cokelat asli setiap hari atau satu gelas minuman cokelat. Bagaimanapun, cokelat mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi berlebihan.

1 comment: