Tuesday, March 11, 2014

Cara mengatasi kerutan di bawah mata


Salah satu masalah kecantikan adalah adanya penuaan dini. Penuaan dini menyebabkan orang tampak lebih tua dari usia aslinya. Salah satu tanda penuaan dini adalah timbulnya kerutan pada wajah diantaranya di dahi dan di sekitar mata. Hal ini disebabkan karena menurunnya kadar elastisitas mata.Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan kerutan dibawah mata secara alami? Simak tips-tips berikut ini :

1. Menggunakan potongan timun
Sayur yang satu ini mengandung antioksidan yang mampu merelaksasi kulut sehingga tidak mudah stres. Hal ini otomatis akan mengurangi kerutan yang ada di daerah mata termasuk dibawah mata. Cara menghilangkan kerutan dibawah mata dengan menggunakan timun dapat dilakukan dengan memotong timun secara tipis dan horizontal. Selanjutnya kompres kedua mata anda menggunakan timun tersebut selama 15 menit. Lakukan cara ini selama tiga kali dalam seminggu sebelum anda tidur. Prosedur ini tidak hanya akan menghilangkan kerutan dibawah mata anda namun juga mampu mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata anda. Selain itu cara menghilangkan kerutan dibawah mata juga bisa dilakukan dengan menggunakan teh celup. Caranya pun tidak berbeda jauh dengan timun, namun sebelum mengompresnya, celupkan teh ke dalam air dingin.

2. Menggunakan minyak kemiri
Minyak kemiri mengandung pelembap dan antioksidan yang mampu mengencangkan kulit yang ada di daerah mata anda. Untuk melindungi daerah di mata anda, maka pijat daerah tersebut dengan minyak kemiri sebelum anda tidur.

3. Menggunakan minyak kelapa
minyak kelapa juga memberikan efek yang sama efektifnya. Cara menghilangkan kerutan dibawah mata dan daerah lainnya di wajah adalah dengan menggunakan putih telur. Bahan yang satu ini sudah dikenal sejak jaman dulu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan wajah. Sebelum menggunakan putih telur sebagai masker wajah anda, jangan lupa untuk mencuci muka anda dengan air hangat. Selanjutnya pisahkan bagian putih telur dari kuningnya lalu aduk hingga berbusa. Baru setelah itu oleskan putih telur tersebut ke seluruh wajah anda dan biarkan hingga 20 menit atau hingga mengering. Terakhir bilas seluruh wajah anda menggunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah anda.

4. Istirahat yang cukup
Pastikan bahwa anda mendapatkan jumlah yang cukup tidur setiap malam. Dengan tidak melakukan hal itu, hormon yang dikenal sebagai kortisol diproduksi secara berlebihan, dan pada gilirannya mengistirahatkan bawah sel. Dengan mendapatkan jumlah yang cukup istirahat, tubuh anda akan menghasilkan lebih banyak hormon pertumbuhan dan pada gilirannya membantu kulit tetap elastis dan tebal. Tidurlah dengan posisi telentang untuk menghindari pembentukan lipatan.

5. Berhenti merokok
Merokok dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembaban alami, sehingga lebih jauh dapat mengakibatkan kerutan.
Beberapa penelitian ini masih kontroversial, namun banyak penelitian yang menyatakan bahwa asap rokok dapat mempercepat penuaan kulit – terutama karena memicuproduksi enzim yang memecah kolagen dan elastin, yang merupakan komponen penting dari kulit. Penelitian yang dilakukan di Twin Research Unit di St Thomas Hospital London menemukan korelasi antara merokok dengan kecenderungan memiliki keriput lebih banyak, 40% kulit lebih tipis dibandingkan dengan non perokok.

6. Konsumsi ikan
Makan salmon lebih dapat membantu menyingkirkan kerutan. Salmon dan jenis-jenis ikan air dingin juga dapat memberikan protein ekstra. Anda juga mendapatkan banyak omega-3 dan asam lemak. Asam lemak juga menyehatkan kulit dan membantu tetap terlihat muda. Sehingga berarti lebih sedikit kerutan.

7. Menjaga kulit tetap terhidrasi
Kerutan tidak akan terlihat ketika sel-sel kulit terhidrasi dengan baik. Sehingga minumlah banyak air dan pastikan menggunakan pelembab dengan humectants untuk menarik lebih banyak air ke dalam sel kulit agar membantu menghilangkan kerutan.

No comments:

Post a Comment