Tuesday, June 25, 2013

Memutihkan Kulit Dengan Pepaya

 Pepaya mengandung asam alfa hidroksi alamni (AHA) dan papain yang terbukti dapat melembutkan, memutihkan dan mencerahkan kulit kusam. Enzym papain yang terdapat dalam buah pepaya membantu mengelupas lapisan sel-sel kulit mati untuk regenerasi sel-sel kulit baru.

Ekstrak pepaya hijau dapat menghambat aktivitas tirosinase dalam memproduksi melanin yang berlebihan yang dapat membuat kulit menjadi gelap. Jika tubuh anda memproduksi melanin terlalu banyak, kulita aka menjadi lebih gelap.

Berikut manfaat pepaya untuk kecantikan.

  • mengonsumsi buah pepaya dapat membantu pertumbuhan rambut dan menghambat munculya ketombe
  • dapat mencegah penuaan dini. Ini karena mengandung banyak unsur yang mampu membantu memerangi radikal bebas, karena radikal bebas itu sendiri adalah penyebab timbulnya penuaan dini.
  • untuk memutihkan kulit, caranya ambil buah pepaya muda (belum terlalu matang dan masih bertekstur keras) lalu parut dan tambahkan beberapa tetes jeruk nipis. Ratakan campuran parutan pepaya dan tetesan jeruk nipis kemudian oleskan pada bagian tubuh yang ingin anda putihkan, ulangi hal tersebut minimal 1 minggu sekali sampai mendapatkan hasil yang diharapkan.
  • menghilangkan bekas jerawat. Ini karena pepaya mengandung papain, yakni enzim yang dapat mengurangi peradangan. Caranya adalah haluskan buah pepayaa lalu pakailah sebagai masker wajah, biarkan mengering selama 15-20 menit kemudian cuci dengan air bersih. Lakukan secara rutin sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah pepaya salah satunya dengan menggunakan masker pepaya. Selain untuk perawatan kulit wajah, masker pepaya juga digunakan untuk mengembalikan kecerahan dan mempertahankan kelembaban pada kulit wajah yang tampak kusam.

Cara membuat masker pepaya :

Pertama, siapkan bahan-bahan di bawah ini
3 sendok makan pepaya yang sudah dihaluskan
2 sendok teh madu

Langkah-langkah pembuatan :
  • Campur bahan di atas menjadi satu. Aduk-aduk sampai rata.
  • Sebelum masker di oleskan, bersihkan wajah terlebih dahulu.
  • Oleskan secara merata masker pepaya yang telah anda buat tadi. Hindari daerah mata dan bibir. Diamkan selama 10 menit.
  • Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Perawatan ini dapat dilakukan secara teratur minimal 2 kali seminggu dan rasakan hasilnya.


No comments:

Post a Comment