Tuesday, June 11, 2013

Lulur Bengkuang Untuk Memutihkan Kulit

Bengkuang atau lebih dikenal dengan bengkoang atau bernama latin (Pachyrhizus erosus), merupakan buah yang mngkin sering kita makan, biasanya sering dibuat untuk rujak, asinan dll. Namun zama dahulu bengkuang sering juga dipakai untuk bahan kecantikan, terutama untuk mandi, karena kegunaanya sebagai bahan aktif penghilang noda hitam, khususnya di bagian wajah dan mampu menghilangkan noda bekas jerawat.

Bengkoang adalah tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia. Banyak masyarakat yang mengkonsumsinya sebagai lalapan/salad yang menyehatkan. Bengkoang juga dipercaya masyarakat dapat mencerahkan dan memutihkan kulit, sehingga banyak dijadikan bahan untuk perawatan kulit.

Kandungan utama dari bengkoang adalah vitamin C, yang dalam 1 umbi bengkoang, terdapat kandungan 40% vitamin C, sisanya adalah air dan serat. Ini adalah salah satu tanaman dengan kandungan vitamin C terbanyak. Untuk itu, mengkonsumsi bengkoang secara rutin akan dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian.
Begitu pula untuk kulit. Vitamin C sangat dibutuhkan kulit untuk melakukan regenerasi sel kulit, memperbaiki sel kulit yang rusak dan menggantinya dengan sel yang baru. Kulit yang regenerasi kulitnya baik akan terhindar dari penuaan dini, yang biasanya ditandai dengan kerutan dan lingkar hitam di area sekitar mata. Vitamin C juga bersifat antioksidan, yang mampu melawan gangguan dari luar (radikal bebas), yang dapat menyebabkan gangguan/kerusakan kulit, hingga penyakit kanker.
Anda dapat mengambil manfaat dari bengkoang untuk kulit, dengan mengkonsumsinya sebagai cemilan. Di beberapa daerah di Pulau Jawa, bengkoang banyak dijadikan tambahan pada menu rujak atau salad buah. Anda pun dapat menjadikan bengkoang sebagai masker wajah. Atau cara lainnya adalah dengan mengambil sari benga koangnya saja, yaitu dengan cara berikut:
  1. Gunakan juicer untuk memisahkan sari bengkoang dengan ampasnya. Sebagai pengganti juicer, Anda juga bisa menggunakan alat parutan kelapa dan saringan santan.
  2. Pisahkan sari bengkoang dengan ampasnya.
  3. Gunakan handuk bersih, dan rendam dalam sari bengkoang hingga semua bagian handuk basah.
  4. Peras ringan, lalu kompres wajah dengan handuk basah tersebut hingga beberapa saat. Ulangi hingga sari bengkoang habis.
Dengan melakukan kompres wajah menggunakan sari bengkoang ini, vitamin C dan kandungan nutrisi yang terdapat dalam bengkoang dapat diserap oleh kulit. Kulit pun akan mendapatkan banyak manfaat.
Anda juga dapat menggunakan lulur bengkoang Zahirah untuk mendapatkan hasil maksimal.
Lulur Zahirah Bengkoang bermanfaat untuk
  1. mencerahkan warna kulit
  2. mendinginkan kulit
  3. mengatasi gatal gatal dikulit
  4. mengencangkan kulit
  5. menjaga kekenyalan kulit

Cara Pemakaian :
  1. Campur Lulur Zahirah dengan air putih atau air mawar, lebih bagus ditambah sedikit madu
  2. Oleskan ke seluruh tubuh
  3. Gosok perlahan-lahan secara merata hingga butiran scrub berjatuhan
  4. Kemudian bersihkan dengan handuk basah atau bilas dengan air sampai bersih
  5. Untuk hasil maksimal, gunakan 2-3 hari seminggu.
  6. Bisa dilanjutkan dengan Masker Zahirah atau Mandi Rempah Zahirah

No comments:

Post a Comment